Kamis, 30 Juli 2009

Materi Sejarah Kelas XII

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Pendahuluan

Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 adalah buah perjuangan yang telah dilakukan para pendiri bangsa. Kemenangan yang diraih bukanlah milik satu golongan saja, tetapi merupakan kemenangan dan kemerdekaan segenap elemen bangsa. Para pendiri bangsa saat itu sudah berani mengambil resiko perjuangan yang akan mereka terima. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, bukan berarti perjuangan telah selesai. Akan tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Indonesia akan mengalami fase perjuangan selanjutnya yakni upaya perebutan kekuasan dan pengakuan kedaulatan dari negara lain.
Indonesia yang sudah memproklamirkan kemerdekaannya tidak serta merta bebas dari belenggu penjajah Jepang saat itu. Belum lagi masuknya kekuatan asing lain yang masuk ke wilayah Indonesia. Masa perjuangan awal kemerdekaan Indonesia setelah proklamasi diwarnai dengan berbagai pertempuran dan bentrokan antara pemuda-pemuda Indonesia melawan aparat kekuasaan Jepang. Tujuannya adalah untuk merebut kekuasaan dan memperoleh senjata. Di berbagai daerah terjadi pertempuran. Pergolakan yang terjadi terus meletus tidak hanya di pusat kekuasaan (Jakarta), tetapi terus melebar dan meluas di berbagai daerah lannya yang tidak hanya melawan penjajah Jepang, namun melakukan perlawanan kepada siapapun yang menghalang-halangi kemerdekaan Indonesia.[1]

Rapat Raksasa di Lapangan Ikada
Para pemuda yang dipelopori oleh Komite van Aksi Menteng 31[2] merencanakan pengerahan massa yang untuk pertama kali mempertemukan pemimpin RI (setelah proklamasi) dengan rakyatnya. Pertemuan itu dimaksudkan untuk membuktikan dukungan rakyat terhadap pemimpinnya serta sebagai upaya awal pengakuan kedaulatan dan harga diri Indonesia sebagai bangsa yang merdeka. Cara yang dilakukan pemuda itu adalah dengan mempersiapkan pengerahan massa dan menyampaikan rencana tersebut kepada presiden. Pada intinya, pemerintah tidak mempermasalahkan pelaksaan acar tersebut. Akan tetapi yang ditakutkan adalah respon penjajah Jepang saat itu. Jika acar tersebut dilakukan, pemerintah mengkhawatirkan akan terjadinya bentrokan antara aparat Jepang dengan massa aksi. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, pemerintah mengadakan sidang kabinet yang diadakan di kediaman presiden pada 19 September. Rapat itu berlangsung hingga dinihari dan dilanjutkan lagi pagi harinya di Lapangan Banteng Barat. Pembicaraan tersebut juga dihadiri oleh para pemimpin pemuda.[3] Para pemuda bersikeras agar acara tersebut tetap diadakan karena massa sudah berbondong-bondong menghadiri Lapangan Ikada untuk mendengarkan pidato dari pemimpinnya. Situasi tegang terjadi saat itu karena penjagaan ketat dari aparat bersenjata Jepang. Selain itu, massa aksi banyak yang membawa senjata tajam. Acara tetap dilakukan dengan pidato Bung Karno. Dalam pidatonya, Bung Karno meminta kepercayaan dan dukungan rakyat kepada Pemerintah. Ia mengharapkan rakyat dapat mematuhi perintah dan disiplin. Setelah acara selesai, massa diperintahkan untuk membubarkan diri dengan tenaang. Perintah itu akhirnya ditaati oelh massa yang meninggalkan rapat raksasa dengan tertib tanpa kerusuhan. Walaupun pidato Bung Karno berlangsung sangat singkat, namun berhasil mempertemukan Pemerintah Republik Indonesia dengan rakyatnya. Rapat raksasa 19 September 1945 adalah momen pertama yang menunjukkan kewibawaan Pemerintah Republik Indonesia terhadap rakyatnya.

Perebutan kekuasaan di beberapa daerah
Semangat revolusioner kemerdekaan bukan hanya terjadi di Jakarta yang notabene adalah pusat kekusaan Republik Indonesia. Di berbagai daerah juga terjadi hal demikian. Perebutan kekuasaan di beberapa daerah bahkan terjadi bentrokan fisik dan konfrontasi senjata.
Di Yogyakarta terjadi aksi pemohokan pegawai perusahaan-perusahaan yang dikuasai oleh Jepang. Perebutan kekuasaan secara serentak dimulai pada tanggal 26 September 1945 sejak pukul 10 pagi. Massa memaksa orang-orang Jepang untuk menyerahkan semua kantor perusahaan mereka kepada Indonesia. Sehari setelah itu, pada tanggal 27 September 1945, Komite Nasional Indonesia Daerah Yogyakarta mengumumkan bahwa kekuasaan di daerah itu telah berada di tangan Republik Indonesia.[4]
Di Bandung, dilakukan upaya merebut pangkalan Udara Andir dan pabrik senjata bekas ACW (Artillerie Constructie Winkel). Upaya tersebut berlangsung hingga kedatangan pasukan Serikat di Bandung pada tanggal 17 Oktober 1945.
Di Banda Aceh, para pemuda dan tokoh masyarakat membentuk Angkatan Pemuda Indonesia (API) pada tanggal 6 Oktober 1945. Namun pada tanggal 12 Oktober 1945, Jepang memanggil para pemimpin gerakan itu untuk dan menyatakan bahwa walaupun Jepang telah kalah, semua kegiatan pendirian organisasi dan perkumpulan harus meminta izin kepada Jepang. Bila hal itu tidak dilakukan maka perkumpulan itu akan dibubarkan. Hal itu memicu pertentangan dari para pemuda dan masyaraat. Akhirnya perlawanan mereka meluas dengan dilakukannya perebutan kantor-kantor Jepang dan pelucutan senjata militer Jepang.[5]
Secara umum, perlawanan terjadi di berbagai daerah lainnya seperti di Bali, Sumatera Selatan, Gorontalo, Kalimantan, Sulawesi Utara, dll. semua perlawanan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melakukan perebutan kekuasaan Indonesia terhadap pemerintah kolonial.[6]Rakyat Indonesia telah lama merindukan kemerdekaan dari segala bentuk penindasan dan penderitaan. Dan sudah saatnya mereka mendapatkan hak kemerdekaan yang telah mereka idam-idamkan.

Pertempuran Surabaya
Surabaya sebelum perang memang sudah menyimpan kerawanan konflik yang besar. Di kota ini banyak berdiri Laskar rakyat dan BKR[7]yang sangat bersemangat dalam rangka kemerdekaan Indonesia dan usaha untuk mempertahankannya. Ketegangan di Surabaya semakin meningkat dengan pendaratan Sekutu yang mempunyai agenda untuk mempertahankan status quo. Dengan adanya tentara Sekutu maka perang adalah suatu hal yang tidak terelakan.
Berawal dari tewasnya Brigjen Mallaby yang mengakibatkan Mayjen Mansergh mengeluarkan ultimatum kepada rakyat Surabaya yang menyatakan agar rakyat Surabaya datang ketempat yang telah ditentukan selambat-lambatnya tanggal 9 November 1945 pukul 18.00 dengan membawa bendera putih dan senjata. Apabila tidak dipenuhi maka pasukan Inggris akan menggunakan kekuasaan angkatan laut, udara, dan darat.
Apa yang diperhitungkan oleh pihak TKR betul-betul terjadi pada tanggal 10 November 1945 pagi hari sekali, pesawat-pesawat tempur Sekutu melayang-layang di udara kota Surabaya. Suara-suara ledakan terdengar keras sekali di bagian utara kota Surabaya. Sudah dapat dipastikan bahwa tentara Sekutu benar-benar memenuhi bunyi ultimatumnya dengan mengerahkan segenap angkatan perangnya untuk menghancurkan Surabaya. Tembakan-tembakan dari darat, laut, maupun udara menggempur kota tiada henti-hentinya. Namun rakyat, TKR, dan seluruh badan perjuangan bersenjata telah bersatu padu untuk mempertahankan kota Surabaya dari gempuran balasan tentara Inggris. Maka pecahlah perang antara pasukan TKR bersama laskar rakyat melawan pasukan Inggris. Perang ini lebih dikenal dengan "Perang 10 November 1945".
Pasukan TKR menerapkan stategi yang telah direncanakan, yaitu mempertahankan kota Surabaya dengan tidak memberikan kesempatan pasukan Inggris untuk menguasai tiap-tiap jalan atau pun gedung-gedung. Hampir setiap sudut kota Surabaya telah dipertahankan oleh pasukan TKR dengan mati-matian.
Sebetulnya taktik yang direncanakan dalam melawan pasukan Inggris dengan melaksanakan perang kota telah dilakukan dengan sempurna oleh pasukan TKR dan laskar rakyat Surabaya. Tetapi ada yang diluar perhitungan, jumlah pasukan Inggris berlipat ganda dan jauh lebih besar daripada ketika dikomandoi oleh Brigjen Mallaby, bahkan taktiknya berubah sama sekali.
Dulu sewaktu Mallaby sebagai komandannya, pemusatan-pemusatan pasukan Inggris lebih banyak terlihat, karena mereka berangapan bahwa kekuatan TKR dan laskar rakyat sangat kecil. Perhitungan yang meleset itu menimbulkan dampak kehancuran bagi pasukan Inggris. Mereka terpotong-potong dan berada jauh dari logistiknya.
Berbeda dengan strategi yang dilaksanakan oleh Mansergh, yang mungkin telah mempelajari kekuatan dan kelemahan pasukan dan laskar rakyat, maka di samping menambah pasukan tempurnya yang berlipat ganda, ia juga lebih mengutamakan gerakan serentak secara total yang dibantu oleh segenap angkatan perangnya dan kemudian menjepit serta terus menggiring pasukan TKR ke arah luar kota agar tujuan utamanya menguasai kota Surabaya secara menyeluruh berhasil.
Rupanya pasukan TKR dan laskar rakyat masih menggunakan pola pertempuran lama, yaitu tetap bertujuan mengepung dan mengisolir, kemudian memutuskan hubungan dengan pasukan indukya kemudian baru menghancurkannya. Tetapi semua gerakan pasukan TKR dan laskar rakyat itu selalu tidak berhasil dan bahkan menimbulkan korban yang sangat besar. hal itu disebabkan karena gerakan pasukan Inggris selalu berlapis-lapis susunannya dan majunya selalu dibarengi oleh kekuatan lapis baja yang dibantu pula oleh serangan pesawat udaranya.
Melihat perkembangan pasukan TKR dan laskar rakyat yang sangat memprihatinkan, dan jumlah korban yang semakin besar, maka satu-satunya jalan yang harus ditempuh oleh mayjen Jonosewojo selaku komandan Divisi Surabaya, ialah segera memerintahkan seluruh pasukannya untuk segera mengundurkan diri ke daerah pinggiran kota Surabaya. Kecuali itu strategi untuk mengepung seluruh pasukan Inggris diubah, tidak lagi mengepung pemusatan-pemusatan pasukan Inggris lagi karena kekuatan mereka berlapi-lapis jumlahnya, karena itu dilakukan strategi yang kedua, yaitu mengepung kota Surabaya dengan melakukan perang gerilya sebagai lanjutan dari strategi perang kota yang boleh dikatakan gagal total.
Untuk mengadakan hubungan dan koordinasi antar pasukan yang banyak terpukul oleh gerakan pasukan Inggris sangatlah tidak mudah. Banyak kesulitan yang dialami, karena untuk mencari induk pasukan yang sudah berpisah dengan anak pasukannya kadang-kadang memerlukan waktu lama dan terpaksa harus menerobos jepitan-jepitan yang telah dilakukan oleh pasukan Inggris.
Akhirnya setelah pasukan TKR dan laskar pemuda Surabaya bertempur melawan pasukan Inggris yang ternyata didalamnya ikut pula pasuka NICA yang telah dilatih di Amerika Serikat, yang memakan waktu lebih dari tiga minggu, berhasil mengadakan konsolidasi kembali dan mempertahankan kota Surabaya dari pinggiran kota saja.
Dengan datangnya pasukan dari utara maka kekuatan Batalion Bambang Joewono, Batalion Darmosoegondo, Batalion Sawunggaling, Batalion Moh. Isa Edris dan laskar rakyat yang ditugaskan untuk menahan laju pasukan Inggris dengan batas Sungai Sepanjang dan Sungai Wonokromo akhirnya menjadi semakin kuat.
Setelah pasukan TKR mengadakan pertempuran tanpa henti untuk memertahankan kota Surabaya selama lebih dari tiga minggu, akhirnya terpaksa harus mundur dari dalam kota belum menurun, tetapi posisi berbalik menjadi pihak yang selalu diserang oleh Sekutu. Pertempuran-pertempuran di pinggiran kota pun makin hebat dan meluas hinga akhirnya perang yang bersifat frontal menjadi perang gerilya.

Pertempuran Ambarawa
Pertempuran yang terjadi antar pasukan TKR dan pemuda melawan pasukan Inggris ini berlangsung sejak tanggal 20 November 1945 sampai 15 Desember 1945. Pertempuran ini dipicu oleh pelangaran kesepakatan pihak tentara serikat dalam perjanjian dengan pihak TKR. Peristiwa itu berawal saat pasukan serikat yang masuk ke wilayah RI diperkenankan mengurus para tawanan perang. Namun yang dilakukanya justru mempersenjatai para tawanan perang tersebut. Setelah itu terjadi berbagai insiden yang terus meluas. Pada tangal 20 November 1945 di Ambarawa meletus pertempuran antara (di bawah pimpinan Mayor Sumarto) melawan pasuka serikat. Pihak serikat memperkuat pasukan mereka dengan mendatangkan personil ke Ambarawa. Pertempuran dalam kota terjadi pada tanggal 22 November 1945. Bantuan pasukan juga berdatangan ke lokasi pertempuran anatar lain batalyon 10 Divisi III, Batalyon 8, dll. Strategi yang dilakukan pasukan TKR berhasil mengepung musuh. Namun musuh melakukan sebuah strategi melambung yang mengancam kedudukan pasukan TKR. Semua elemen berdatangan seperti batalyon dari Yogyakarta, batalyon Polisis Istimewa, dll. mereka dapat menahan musuh sampai ke desa Jambu. Di desa Jambu mereka membentuk suatu komando yang disebut Markas Pimpinan Pertempuran. Sejak saat itu medan Ambarawa dibagi menjadi empat sector dan koordinasi semua elemen berjalan sesuai koordinasi sehingga pasukan Indonesia semakin kuat. Kekuatan yang ikut bertempur saat itu terdiri dari 19 batalyon TKR dan beberapa batalyon badan perjuangan. Lama kelamaan kedudukan musuh semakin terjepit. Dan akhirnya pada tanggal 15 Desember 1945, musuh mulai meninggalkan kota Ambarawa.[8]






Penutup
Proklamasi adalah puncak perjuangan yang dilakukan oleh para pendiri bangsa. Pada hakikatnya, proklamasi adalah symbol terlepasnya segala belengu penjajahan yang telah lama dirasakan. Akan tetapi, setelah proklamasi bukan berarti Indonesia lepas dari segala permasalahan. Perjuangan awal kemerdekaan setelah proklamasi justru menjadi batu ujian sejauh mana perjuangan dan kesadaran berbangsa dari setiap rakyat. Ujian yang diterima Indonesia begitu besar. Rakyat dengan militansinya terus menerus melakukan perlawanan terhadap penjajahan. Perebutan kekuasan yang berakibat pada meletusnya berbagai pertempuran menjadi gambaran bahwa rintangan yang dihadapi Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat begitu berat.



DAFTAR PUSTAKA

Hanafi, A.M. Menteng 31 Membangun Jembatan Dua Angkatan. Jakarta: Sinar Harapan, 1997.
Kahin, George McTurnan. Nasinalisme dan Revolusi di Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan, 1995.
Notosusanto dkk. Nugroho. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Jakarta: Balai Pustaka, 1993.
Reid, Anthony J.S. Revolusi Nasional Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan, 1996.
Sundhaussen, Ulf. Politik Militer Indonesia (1945--1967).. Jakarta: LP3ES, 1986.




[1]Setelah Jepang mengalami kekalahan, pasukan Serikat yang juga dimanfaatkan oleh Belanda di dalamnya mencoba memasuki Indonesia untuk memulihkan keadaan dan mengambil alih kekusaan kolonial Jepang. Secepatnya pasukan serikat/sekutu memasuki berbagai wilayah Indonesia. Selengkapnya baca Anthony J.S.Reid, Revolusi Nasional Indonesia, Jakarta: Sinar Harapan, 1996. hlm. 179-210.
[2]Komite van Aksi Menteng 31 adalah wadah perkumpulan pemuda yang bertempat di Jln. Menteng 31. Kelompok ini adalah salah satu otak dari peristiwa Rengasdengklok. Untuk lebih jelasnya baca A.M. Hanafi, Menteng 31: Membangun Jembatan Dua Angkatan, Jakarta: Sinar Harapan, 1997.
[3]Nugroho Notosusanto, Sejarah Nasional Indonesia VI, Jakarta: Balai Pustaka, 1993, hlm. 101
[4]Ibid., hlm. 103

[5]Ibid., hlm. 106
[6]Pertempuran yang tak menentu antara orang Jepang dan Indonesia makin sering terjadi dan makin meluas di berbagai daerah. Lebih lengkap baca George McTurnan Kahin, Nasionalisme dan Revolusi di Indonesia, Jakarta: Sinar Harapan, 1995.
[7]Pada tanggal 22 Agustus Agustus, PPKI mengumumkan terbentuknya sebuah "Badan Penolong Keluarga Korban Perang" yang secara keorganisasian mencakup sebuah Badan Keamanan Rakyat (BKR). Dalam perkembangannya, BKR terus melakukan metamorfosis menjadi sebuah wadah tentara nasional. Selengkapnya baca Ulf Sundhaussen, Politik Militer Indonesia (1945--1967), Jakarta: LP3ES, 1986.
[8]Nugroho, Op. Cit., hlm. 116-118

Kisah Para Perempuan Korban 1965
"Genjer-genjer" Menyeret Sumilah ke Plantungan

Penjara Plantungan di Kendal, Jawa Tengah, menjadi saksi bisu dari kisah tragis para perempuan Indonesia yang diisolasi di bekas Rumah Sakit Lepra tersebut. Peristiwa Gerakan 30 September 1965 telah menjadikan mereka sebagai "tumbal" hanya karena tudingan terlibat atau dianggap dekat dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).
Minggu (24/7), para eks tahanan politik (tapol) Plantungan menggelar "reuni" di pendopo Sekolah Menengah Kesenian Indonesia (SMKI) di Bugisan, Yogyakarta. SH menurunkan kisah mereka dalam dua tulisan yang dimuat Jumat dan Sabtu (30/7).
Yogyakarta - Genjer-genjer mlebu kendil wedange gemulak/Setengah mateng dientas yong dienggo iwak/ Sego nong piring sambel jeruk ring ngaben/Genjer-genjer dipangan musuhe sego. (Genjer-genjer dimasukkan dalam kuali panas/ Setelah setengah matang diangkat untuk lauk/Nasi di piring dan sambel jeruk di atas cobek/Genjer-genjer dimakan bersama nasi)
Bait di atas adalah penggalan lagu Genjer-genjer karya seniman Banyuwangi, Muhammad Arif dan dipopulerkan oleh Bing Slamet. Anda pernah mendengarnya atau barangkali menyenandungkannya pelan-pelan?
Generasi yang hidup di era 1960-an akrab dengan lagu ini. Di film "Gie" yang kini diputar di bioskop-bioskop Jakarta, dendang Genjer-genjer juga terdengar, dilantunkan para simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) menjelang peristiwa Gerakan 30 September (G30S) tahun 1965.
Jika Anda melantunkan lagu yang bercerita soal kemelaratan warga Banyuwangi di masa pendudukan Jepang itu sekarang, tak akan ada dampak apa-apa, kecuali mungkin tatapan aneh lingkungan sekitar yang menduga Anda sebagai anak yang dilahirkan dari rahim ibu pengikut Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) atau setidaknya simpatisan dari PKI. Namun jika lagu itu dinyanyikan menjelang peristiwa G30S, maka petaka menjadi takdir yang menghampiri.
Sumilah, perempuan asal Prambanan, Yogyakarta adalah salah satu contoh dari takdir itu. Gadis Sumilah yang waktu itu masih berumur 14 tahun sama sekali tak tahu asal muasal kenapa pagi tanggal 19 November 1965 itu, ia bersama 47 orang (tujuh perempuan) lainnya diharuskan berkumpul oleh lurah desanya di sebuah lapangan. Kemudian mereka diangkut oleh truk ke penjara Wirogunan.
Sepanjang jalan, Sumilah mencoba mengingat apa kesalahannya, tapi tak juga ketemu.
Satu-satunya yang melintas di ingatannya adalah kesukaannya menari bersama teman-teman sepermainannya dengan iringan Genjer-genjer. "Saya suka. Nada lagu itu enak sekali," ujarnya mengenang, Minggu (24/7) siang di pendopo Sekolah Menengah Kesenian Indonesia (SMKI) di Bugisan, Yogyakarta.
Namun justru kesukaan inilah yang menjadi malapetaka baginya. Ia tinggal di hotel prodeo selama 14 tahun, tanpa ada tuduhan maupun pengadilan. Mula-mula, ia tinggal di penjara Wirogunan, Yogyakarta. Setiap hari, ia hanya diberi makan jagung beberapa butir dan kadang-kadang sayur lembayung.
Ia menjalani pemeriksaan di bawah sejumlah tekanan. Saat ditanyakan jenis tekanan atau siksaan yang ia alami selama pemeriksaan, Sumilah melengos. Pandangannya menerawang. Kenangan itu terlalu menyakitkan. Enam bulan lamanya, Sumilah berada di Wirogunan, sebelum kemudian dipindahkan ke penjara Bulu di Semarang dan terakhir di Plantungan pada tahun 1971.
Di Plantungan inilah, Sumilah yang menjadi tahanan termuda, mengetahui bahwa ia adalah korban salah tangkap. Sumilah yang seharusnya menjadi target penangkapan adalah seorang guru SD asal Kulon Progo, Yogyakarta yang menjadi anggota PGRI Non-Vaksentral. Kedua Sumilah ini sempat berada bersama di penjara Wirogunan. Meski begitu, Sumilah yang hanya jebolan kelas 4 SD tidak dilepaskan oleh petugas.
Dan saat Sumilah bocah ini harus berada di bui selama 14 tahun, Sumilah lainnya yang menjadi target hanya menempati penjara Wirogunan selama tiga tahun. Empat puluh tahun setelah penangkapan yang ironis itu, keduanya terlihat duduk bersila, berdampingan di pendopo SMKI, Minggu (24/7) siang itu. Entah apa yang mereka bicarakan dalam acara reuni eks tapol Plantungan itu.
Seandainya masa lalu begitu menyakitkan untuk diceritakan, barangkali keduanya tengah berbincang tentang hidup yang harus mereka jalani di usia senja sekarang.
Sumilah asal Prambanan kini menjalani hidup dengan laki-laki bekas kader Pemuda Rakyat (PR) yang menikahinya setelah ia keluar dari penjara tahun 1978. Dikarunia dua putra, laki-laki dan perempuan, Sumilah kini menghabiskan hidupnya dengan berjualan sate di areal depan Prambanan. "Saya bertemu dengan suami saya di Muntilan. Saya waktu itu berjualan sate di tempat bulik saya dan ia merupakan salah satu pembeli," tutur Sumilah mengenang.
Satu-satunya syarat yang diajukan Sumilah saat laki-laki itu melamarnya hanyalah supaya laki-laki itu bersedia menikahinya secara Katolik. Sementara kisah pahit masa lalu mencoba mereka lupakan. Di depan kedua anaknya, cerita tersebut juga tak dikatakan. Sampai kemudian, saat Syarikat (organisasi nonpemerintah di Yogyakarta yang memiliki kepedulian terhadap para korban peristiwa 1965) berniat mendokumentasikan kisah Sumilah dalam film dokumenter "Kado Untuk Ibu", anak perempuannya yang duduk di bangku SMA, baru mengetahui tragedi yang menimpa ibunya.
Gadis yang besar di era reformasi itu pasti tak menyangka bahwa hanya gara-gara sebuah lagu, ibunya harus menghabiskan 14 tahun masa hidupnya di balik jeruji penjara. Sayangnya, 40 tahun setelah kesewenang-wenangan itu berlalu, negara ini tak juga menemukan aktor yang bertanggung jawab terhadap peristiwa tersebut. Jalan rehabilitasi terhadap para korban pun tak juga mulus. nn
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0507/29/sh03.html
++++
Kisah Para Perempuan Korban 1965 (2 - Habis)
Sumpah Iman di Tengah Siksaan
Oleh
Fransisca Ria Susanti
YOGYAKARTA - Adegan Getsemani saat Yesus begitu ketakutan dan menginginkan agar proses penyaliban yang akan menimpanya tak terjadi, seperti diputar ulang di Plantungan, Kendal sekitar awal 1970-an.
Bedanya, doa ini disampaikan di tengah berlangsungnya siksaan dan diucapkan oleh Sumarmiyati, perempuan asal Yogyakarta yang dipenjarakan oleh pemerintahan Soeharto hanya gara-gara ia menjadi anggota Ikatan Pemuda Pelajar Indonesia (IPPI), sebuah organisasi yang dicap underbouw Partai Komunis Indonesia (PKI).
Sumarmiyati bahkan menyatakan sumpah, jika ia diberi kekuatan untuk bisa mengatasi siksaan dan diberi kesempatan untuk menikah dan punya anak, maka satu anaknya akan ia persembahkan untuk Tuhan. Sebagai penganut Katolik, sumpah "persembahan" ini adalah izin untuk membiarkan anaknya menjadi biarawan.
Bersama perempuan lainnya, Sumarmiyati dimasukkan dalam penjara Orde Baru tanpa pernah diadili pasca Peristiwa Gerakan 30 September (G30S) 1965. Desember 1965, perempuan tersebut dimasukkan ke penjara karena keterlibatannya di IPPI. Tapi kemudian dilepaskan pada April 1966.
Saat ia dikeluarkan, seorang pastor menampungnya dan menyekolahkannya hingga ia memperoleh ijazah untuk mengajar di Sekolah Dasar di Janti, Yogyakarta. Namun pada April 1968, Sumarmiyati kembali ditangkap atas tuduhan melakukan gerilya politik (gerpol).
Bantahan terhadap tudingan ini sama sekali tak diperhatikan. Tak ada satu pun pengadilan yang digelar untuk membuktikan tudingan ini. Sumarmiyati dijebloskan ke penjara, untuk kedua kalinya, hingga tahun 1978. Ia berpindah-pindah dari penjara Wirogunan, lalu ke Bulu dan terakhir di Plantungan.
Dalam film dokumenter "Kado untuk Ibu" yang digarap oleh Syarikat (organisasi nonpemerintah yang memperjuangkan nasib para korban peristiwa 1965),
Sumarmiyati bertutur bagaimana ia dan tapol perempuan lainnya ditelanjangi dan dipaksa untuk menciumi penis para pemeriksanya.
"Kami disuruh melakukan itu karena menurut mereka kami layak diperlakukan seperti itu," tuturnya getir.
Saskia Eleonora Wierenga dalam studinya tentang "Penghancuran Gerakan Perempuan Indonesia" menyebutkan bagaimana Orde Baru sengaja menciptakan stigma bagi perempuan yang terlibat atau diduga simpatisan PKI. Penciptaan stigma tersebut diperkuat melalui media massa yang ada saat itu, di antaranya harian Angkatan Bersenjata dan Berita Yudha.
Dalam koran-koran tersebut, aktivis Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) -organisasi yang dicap underbouw PKI- digambarkan turut terlibat dalam pembunuhan para jenderal di Lubang Buaya dengan melakukan tari-tarian saat pembantaian dilakukan. Mereka bahkan dilukiskan sebagai perempuan jalang yang menyetubuhi para jenderal tersebut sebelum dibunuh.
Drama Kecengengan
Guna menguatkan image tersebut, rezim Soeharto bahkan meminta para seniman menggambarkan adegan tarian para aktivis Gerwani ini di relief Monumen Pancasila Sakti.
Pencitraan ini melahirkan stigmatisasi yang menyakitkan bagi para aktivis politik perempuan yang dekat dengan PKI, juga para perempuan yang ditangkap hanya karena diduga simpatisan organisasi tersebut.
Namun bagi Sumarmiyati, stigma ini tak berarti banyak bagi dirinya ketika pada November 1978, dua bulan setelah ia keluar dari Plantungan, sang pacar yang juga baru keluar dari penjara datang melamar. Setidaknya, hidup serumah dengan laki-laki yang memahami pilihan politiknya, membuat Sumarmiyati lebih kuat dalam menjalani hidup.
Selain itu, lingkungannya pun bisa menerima. Bahkan ia mendapatkan dispensasi dari kawan-kawan di organisasi gerejanya untuk meminjam uang kas. Padahal salah satu syarat peminjaman saat itu adalah melampirkan "surat bersih diri" (surat keterangan tidak terlibat G30S) dari kelurahan.
Dan sesuai dengan sumpah yang ia ucapkan saat berada dalam siksaan, satu dari dua orang anak Sumarmiyati kini sedang melanjutkan studi di seminari tinggi. Jika ia berhasil menyelesaikan studi tersebut, maka ia akan ditahbiskan menjadi pastor.
Sumarmiyati dan juga ratusan perempuan yang hadir di forum reuni eks tapol Plantungan di pendopo Sekolah Menengah Kesenian Indonesia (SMKI), Bugisan, Yogyakarta, Minggu (24/7) siang itu, masih merekam kesewenangan rezim Orde Baru dengan jelas di ingatan. Namun hidup terus berjalan. Persoalan keseharian membuat bayang-bayang kenangan yang menyiksa itu sedikit kabur.
Sumini Martono, aktivis Gerwani Wonosobo yang jadi tapol selama 10 tahun, adalah contoh lain dari ketegaran itu. "Saya ditangkap dengan janji akan dilepaskan setelah suami saya ditangkap. Tapi setelah suami saya ditangkap, saya tak juga dilepas. Dan saat saya sudah dikeluarkan, suami saya ternyata sudah hilang," ungkapnya.
Hilang, dalam bahasa para tapol, adalah dibunuh. Suami Sumini memang terbukti dibunuh oleh para aparat Orde Baru dan mayatnya dihanyutkan di sebuah luweng di Wonosari. Tempat ini dikenal sebagai tempat pembantaian para aktivis yang diduga sebagai anggota atau simpatisan PKI pasca perisiwa G30S.
Saat menceritakan kisah tersebut, Sumini menyampaikannya dengan enteng. Tapi bukan berarti ia tak merasa kehilangan. Hanya saja, ketika sebuah penderitaan sudah tak tertahankan dan tak ada jawaban yang bisa diberikan atasnya, maka satu-satunya yang bisa dilakukan adalah menjalani hidup dengan kekuatan yang tersisa.
Ketegaran yang ditunjukkan Sumarmiyati dan Sumini serta ribuan eks tapol Plantungan membuat keluhan anggota DPR dan pejabat negara saat ini tentang gaji yang minim tampak seperti drama kecengengan.

From : Fransisca

Senin, 27 Juli 2009

Materi dan Tugas Mata Pelajaran Sejarah X

A. Materi Pelajaran Kelas X

Pada pertemuan Awal ini anda akan mempelajari hakikat dan ruang lingkup sejarah..oleh karena itu fahami dengan baik ya..

PEMBABAKAN ZAMAN PRASEJARAH
Setelah mempelajari kegiatan ini, Anda dapat:
1. menguraikan pembabakan prasejarah berdasarkan geologi;
2. menyebutkan pembabakan prasejarah berdasarkan arkeologi; dan
3. menyebutkan pembabakan prasejarah berdasarkan ciri kehidupan masyarakat.

Apakah Anda sudah memahami pengertian tentang zaman prasejarah. Untuk lebih meningkatkan pemahaman Anda tentang zaman prasejarah, alangkah baiknya kalau Anda memahami sejarah munculnya makhluk hidup ke muka bumi, sebagai awal dari zaman prasejarah.
Guna mengikuti perkembangan makhluk hidup, maka yang harus diperhatikan adalah sejarah terbentuknya bumi yang terbagi dalam beberapa zaman. Seperti yang terdapat pada uraian pembabakan prasejarah berikut ini.
Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Geologi
Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman. Zaman-zaman tersebut merupakan periodisasi atau pembabakan prasejarah yang terdiri dari:
a. ARKAEKUM / zaman tertua
Zaman ini berlangsung kira-kira 2500 juta tahun, pada saat itu kulit bumi masih panas, sehingga tidak ada kehidupan. Dari penjelasan ini tentu Anda ingin bertanya kapan muncul kehidupan? Untuk itu simak uraian berikutnya.
b. PALEOZOIKUM / zaman primer atau zaman hidup tua
Zaman ini berlangsung 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti mikro organisme, ikan, ampibi, reptil dan binatang yang tidak bertulang punggung. Setelah Anda mengamati gambar 5, tentu Anda mulai berpikir, bagaimana dengan makhluk hidup yang lain?
Dengan berakhirnya zaman primer, maka kehidupan terus berkembang sehingga memasuki zaman baru.
c. MESOZOIKUM/zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan
Zaman ini berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Pada zaman pertengahan ijenis reptil mencapai tingkat yang terbesar seperti gambar 5 sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Setelah berakhirnya zaman sekunder ini, maka muncul kehidupan yang lain yaitu jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Sedangkan jenis reptilnya mengalami kepunahan. Selanjutnya berlangsunglah zaman hidup baru seperti yang diuraikan pada materi berikut ini.
d. NEOZOIKUM / zaman hidup baru
Zaman ini dibedakan menjadi 2 zaman, yaitu:
1. Tersier / zaman ketiga
Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun. Yang terpenting dari zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti jenis primat, contohnya kera.
2. Kuartier/zaman keempat
Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Dan zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman yaitu yang disebut dengan zaman Pleistocen dan Holocen.
Untuk memahami zaman tersebut, maka Anda dapat menyimak pada uraian berikut ini:
* Zaman Pleitocen/Dilluvium berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba.
* Zaman Holocen/Alluvium berlangsung kira-kira 20.000 tahun yang lalu dan terus berkembang sampai dewasa ini. Pada zaman ini ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia sekarang.

Dari penjelasan materi di atas, apakah Anda sudah memahami? Untuk lebih meningkatkan pemahaman Anda pada materi pembabakan zaman prasejarah berdasarkan geologi, maka simaklah bagan 1 berikut ini.
Setelah Anda menyimak bagan 1, langkah selanjutnya untuk Anda adalah melengkapi tabel 2 pembabakan zaman prasejarah berikut ini
Untuk mengetahui apakah yang Anda lengkapi pada tabel 2 benar jawabannya, maka cocokkanlah dengan kunci jawaban berikut ini.
1. 2500 juta tahun, ciri-cirinya belum ada kehidupan.
2. 340 juta tahun, ciri-cirinya muncul makhluk baru seperti: reptil, ikan, dan amphibi.
3. 140 juta tahun, ciri-cirinya muncul reptil raksasa.
4. 60 juta tahun, ciri-cirinya muncul binatang mamalia.
5. 600.000 tahun, ciri-cirinya muncul manusia purba.
6. 20.000 tahun, ciri-cirinya muncul homosapiens.
Apakah jawaban Anda sudah benar? Jika sudah benar selamat untuk Anda! Berarti Anda telah memahami uraian materi ini dengan baik. Untuk selanjutnya agar pengetahuan Anda semakin luas tentang prasejarah, maka simak kembali uraian materi berikut ini.


Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Arkeologi
Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan masa lampau melalui benda-benda artefak. Dari hasil penelitian para ahli arkeologi, maka tabir kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia dapat diketahui. Berdasarkan penggalian arkeologi maka prasejarah dapat dibagi menjadi 2 zaman, seperti pada uraian materi berikut ini.
a. Zaman Batu
Zaman batu menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia umumnya/dominan terbuat dari batu, walaupun ada juga alat-alat tertentu yang terbuat dari kayu dan tulang. Dari alat-alat peninggalan zaman batu tersebut, melalui Metode Tipologi (cara menentukan umur berdasarkan bentuk atau tipe benda peninggalan), maka zaman batu dibedakan lagi menjadi 3 periode/masa, yaitu:
1. Batu Tua/Palaeolithikum
Merupakan suatu masa di mana alat-alat hidup terbuat dari batu kasar dan belum diasah/diupam, sehingga bentuknya masih sederhana.
Contohnya: kapak genggam.
Selanjutnya masa ke-2 dari zaman batu adalah batu Madya seperti uraian materi berikut ini.
2. Batu Tengah Madya/Mesolithikum
Merupakan masa peralihan di mana cara pembuatan alat-alat kehidupannya lebih baik dan lebih halus dari zaman batu tua. Contohnya: Pebble/Kapak Sumatera.


Setelah Anda mengamati gambar 8, maka sekarang Anda bandingkan dengan zaman berikutnya.
3. Batu Muda/Neolithikum
Merupakan suatu masa di mana alat-alat kehidupan manusia dibuat dari batu yang sudah dihaluskan, serta bentuknya lebih sempurna dari zaman sebelumnya.
Bagaimana setelahAnda melihat 3 contoh dari alat kehidupan manusia yang berasal dari zaman batu? Apa kesimpulan Anda?
Untuk mengetahui hasil peninggalan zaman batu yang lebih terperinci, Anda akan mempelajarinya kembali pada modul 2. Selanjutnya, Anda harus menyimak periodisasi prasejarah berikutnya.
b. Zaman Logam
Perlu ditegaskan bahwa dengan dimulainya zaman logam bukan berarti berakhirnya zaman batu, karena pada zaman logampun alat-alat dari batu terus berkembang bahkan sampai sekarang. Sesungguhnya nama zaman logam hanyalah untuk menyatakan bahwa pada zaman tersebut alat-alat dari logam telah dikenal dan dipergunakan secara dominan. Zaman logam disebut juga dengan zaman perundagian.
Perkembangan zaman logam di Indonesia berbeda dengan di Eropa, karena zaman logam di Eropa mengalami 3 fase/bagian, yaitu zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Sedangkan di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya tidak mengalami zaman tembaga tetapi langsung memasuki zaman perunggu dan besi secara bersamaan. Dan hasil temuan yang lebih dominan adalah alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam disebut juga dengan zaman perunggu.
Demikianlah uraian materi pembabakan prasejarah berdasarkan arkeologinya. Untuk memudahkan Anda memahami uraian materi di atas, maka simaklah bagan 2 berikut ini.
Selanjutnya apakah Anda pernah mendengar atau membaca istilah Megalithikum? Megalithikum merupakan suatu istilah kebudayaan batu besar (Mega = besar; Lithos = batu).
Kebudayaan Megalithikum bukanlah suatu zaman yang berkembang tersendiri, melainkan suatu hasil budaya yang timbul pada zaman Neolithikum dan berkembang pesat pada zaman logam.
Punden berundak-undak, tentu Anda bertanya apa fungsi bangunan tersebut? Setiap bangunan yang diciptakan oleh masyarakat tentu memiliki fungsi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsinya, nanti akan Anda pelajari pada modul berikutnya.

Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Ciri-ciri Kehidupan masyarakat
Makhluk manusia adalah makhluk yang hidup berkelompok dan mempunyai organisme yang secara biologis berbeda dan lebih lemah dari jenis binatang. Namun otak manusia berevolusi paling jauh bila dibandingkan dengan makhluk lainnya. Kemampuan otak manusia yang berupa proses berpikir menyebabkan manusia dapat memilah-milah tindakan yang dapat menguntungkan kelangsungan hidupnya.
Dalam rangka kelangsungan hidupnya maka manusia merupakan makhluk pembentuk kebudayaan dan manusia juga sebagai pembentuk masyarakat. Karena pada hakekatnya manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi harus berkelompok.
Berikut ini Anda akan mengikuti paparan perkembangan manusia Indonesia yang hidup pada zaman prasejarah. Kehidupan masyarakat (manusia) pada zaman prasejarah terbagi menjadi 3 periode, yaitu:
a. Masa berburu dan mengumpulkan makanan
Pada masa ini secara fisik manusia masih terbatas usahanya dalam menghadapi kondisi alam. Tingkat berpikir manusia yang masih rendah menyebabkan hidupnya berpindah-pindah tempat dan menggantungkan hidupnya kepada alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan.
b. Masa bercocok tanam
Pada masa ini kemampuan berpikir manusia mulai berkembang. Sehingga timbul upaya menyiapkan persediaan bahan makanan yang cukup dalam suatu masa tertentu. Dalam upaya tersebut maka manusia bercocok tanam dan tidak lagi tergantung kepada alam.
c. Masa perundagian
Pada masa ini masyarakat sudah mengenal teknik-teknik pengolahan logam. Pengolahan logam memerlukan suatu tempat serta keahlian khusus. Tempat untuk mengolah logam dikenal dengan nama perundagian dan orang yang ahli mengerjakannya dikenal dengan sebutan Undagi.
Demikianlah uraian singkat pembabakan prasejarah berdasarkan ciri-ciri kehidupannya. Untuk uraian materi yang lebih luas nanti akan Anda pelajari kembali pada uraian materi berikutnya. Dan selanjutnya, apabila Anda sudah merasa paham dengan seluruh uraian materi, kerjakanlah latihan soal yang disajikan pada akhir kegiatan modul ini dengan sebaik-baiknya.


Soal-soal Latihan
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1. Perkembangan bumi dapat diketahui melalui penelitian ...
a. Geologi d. Geomorfologi
b. Geografi e. Pedologi
c. Oceanografi
2. Ciri dari zaman Arkaekum adalah ...
a. munculnya tanda-tanda kehidupan d. munculnya kehidupan manusia
b. belum ada tanda-tanda kehidupan e. proses awal terbentuknya bumi
c. munculnya binatang-binatang besar
3. Zaman Palaeozoikum disebut juga dengan zaman ...
a. Tertier d. Quartier
b. Sekunder e. Dilluvium
c. Primer
4. Munculnya binatang-binatang besar terjadi pada zaman ...
a. Arkaekum d. Kainozoikum
b. Palaeozoikum e. Neozoikum
c. Mesozoikum
5. Berdasarkan tarikh bumi, tanda-tanda kehidupan manusia terjadi pada zaman ...
a. Arkaekum d. Neozoikum tersier
b. Palaeozoikum e. Neozoikum quartier
c. Mesozoikum
6. Perbedaan pembabakan zaman prasejarah berdasarkan Arkeologi dan Geologi pada tabel di bawah ini adalah ...
7. Zaman Quartier terdiri dari dua bagian, yaitu ...
a. Pleistocen dan Holocen d. Plustocen dan Tersier
b. Pleistocen dan Dilluvium e. Tersier dan Holocen
c. Holocen dan Alluvium
8. Perhatikan data di bawah ini!
1. Zaman Neozoikum
2. Zaman Mesozoikum
3. Zaman Paleolithikum
4. Zaman Mesolithikum
5. Zaman Neolithikum
Dari data di atas, yang termasuk pembagian prasejarah Indonesia berdasarkan Arkeologinya ...
a. 1, 2, 3 d. 2, 3, 4
b. 1, 3, 4 e. 3, 4, 5
c. 1, 3, 5
9. Perhatikan data di bawah ini!
1. Beternak
2. Berburu dan mengumpulkan makanan
3. Bercocok tanam
4. Berladang
5. Perundagian
Dari data di atas, yang merupakan zaman prasejarah berdasarkan ciri kehidupan masyarakatnya meliputi ...
a. 1, 2, 3 d. 2, 3, 5
b. 1, 3, 4 e. 2, 4, 5
c. 1, 3, 5
10. Zaman logam di Indonesia diawali dengan logam yang terbuat dari ...
a. perunggu d. perak
b. tembaga e. emas
c. besi

Essay
1. Buatlah bagan pembabagan prasejarah berdasarkan geologi/kulit bumi!

2. Buatlah bagan pembabagan prasejarah berdasarkan arkeologi!

Renungan dari Pak Burhan


A. PENDAHULUAN

◙ Turunnya Nabi Adam AS ke muka bumi

Maha besar Allah, Tuhan yang maha perkasa lagi maha pencipta. Sesungguhnya keberadaan Insan di muka bumi ini adalah sebagai pengemban amanah yang diberikan Allah kepada Bani Adam. Turunnya Nabi Adam A.S, bapak moyang manusia dari surga bukan semata-mata kesalahannya memetik buah khuldi dan menyantapnya dengan Siti Hawa, melainkan sebuah scenario Allah yang menetapkan Manusia sebagai khalifah di atas permukaan bumi ini. Bukti dari penugasan ini terlihat ketika Allah mengumpulkan segenap ciptaan-Nya dari berbagai jenis makhluk dan mengutarakan kepada mereka untuk menjadikan manusia sebagai pemimpin di muka bumi ini.
Allah-pun kemudian menciptakan manusia dari saripati tanah di surga dengan asma Adam A.S. Kemudian menunjuknya dan menempatkannya sebagai kholifah di dunia (muka bumi) dan memberikan kepercayaan kepadanya untuk merawat, menjaga proses kehidupan di dunia ini hingga pendudukan umat di dunia ini berlangsung dan berakhir sampai kurun waktu yang telah di tentukan. Dan dikembalikan ke hadapan-Nya di akhirat kelak.
Allah menciptakan manusia untuk melakukan pengembaraan di alam kefanaan yang penuh dengan ketidak pastian, khayalan semata yang penuh dengan gambaran kepura-puraan, melalaikan dan melupakan satu tujuan yang ditetapkan oleh pemilik langit dan bumi yaitu kembali berpulang kepangkuan serta keharibaan pemegang kekuasaan untuk hisaban dan pertanggung jawaban serta hari pembalasan atas semua yang telah kita lakukan ketika kita di alam khayal, alam dunia, alam kefanaan. Manusia Memiliki tugas pokok yang harus dilakukannya di alam dunia sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran yang berbunyi : “ Tidak semata-mata diciptakan Jin dan manusia kecuali untuk beribadah…” Tugas pokok itulah yang harus dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya di dunia, sehingga ketika Allah memanggil manusia bisa kembali keharibaan Allah dengan ridha dan Magfirah dari-Nya.
Bagaimanakah caranya supaya kita bisa pulang dengan selamat ke alam kenyataan, baqa lagi kekal ? Berpulang dengan Ridho Allah bersama kita ? Allah telah memberikan tuntunan dalam alquran sebagai petunjuk, peta rute dan kompas bagi para pengembara di alam kefanaan ini. Allah juga telah mengutus Rasul Muhammad SAW sebagai Nahkoda sekaligus guide yang akan memberikan petunjuk praktis dari peta dan kompas yang telah diberikan oleh kepada manusia…..
Berdasarkan hal di atas bis kita simpulkan, bahwa kehidupan kita di dunia bukan untuk yang lain…kehidupan kita untuk beribadah kepada Allah dengan tuntunan dan perutusan Rasul dari-Nya. Apapun karya dan kerja kita, semuanya ternyata untuk beribadah dan hanya untuk beribadah, tidak untuk yang lain. Alam dunia yang membutakan dan melalaikan kadang membuat kita berpaling dari tugas pokok yang semestinya kita lakukan, yakni beribadah kepada Rabb Pencipta Alam..
◙ Hikmah Surat Al-Ashr
! ÎŽóÇyèø9$#ur ÇÊÈ ¨bÎ) z`»¡SM}$# ’Å"s9 AŽô£äz ÇËÈ žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# (#öq¹#uqs?ur Èd,ysø9$$Î/ (#öq¹#uqs?ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ ÇÌÈ
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Allah SWT bersumpah demi datangnya waktu, bahwa sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Waktu adalah wujud materi yang lahir bersamaan dengan di ciptakannya alam semesta beserta isinya ( Yahya,”Bigbang Theory” 1999). Waktu berputar di awal penciptaan alam semesta sampai batas ketetapan yang di tentukan Allah kemudian. Kehadiran waktu merupakan sumber daya bagi manusia untuk melakukan tugas pokoknya di alam dunia. Seiring berputarnya roda waktu, manusia mengisinya dengan segala aktifitas yang dikehendakinya.. terkadang dalam buaian dan belaian waktu di alam ini manusia lupa dengan tugas pokok yang harus dilakukannya. Manusia kemudian ingkar dengan tugas pokoknya, waktu bergulir dengan kesia-siaan, dan pada akhirnya waktu terhenti ketika ajal datang menjemputnya..ini adalah kerugian yang sebenar-benarnya
Bisa kita bayangkan, waktu adalah bahan dasar yang dijadikan manusia untuk melakukan tugas pokoknya yaitu beribadah. Tapi, apakah waktu yang dimiliki oleh manusia sudah dipergunakan sebagaimana mestinya ? memanfaatkan waktu untuk beribadah ? ataukah waktu dimanfaatkan untuk aktifitas lain selain beribadah ? pastilah jawabannya manusia banyak menggunakan waktu untuk kegiatan lain selain ibadah…betapa meruginya manusia, dan ini sesuai dengan ayat yang ada dalam surat di atas.
Allah pula memberikan sebuah pemberitahuan kepada manusia tentang siapa saja manusia yang tidak dirugikan oleh waktu ? orang yang tidak merugi adalah orang-orang yang beriman dan beramal soleh, saling berwas`iat dalam kebenaran dan berwasiat dalam kesabaran. Orang yang beriman, senantiasa beramal soleh, dan berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran ini adalah orang-orang yang tidak dirugikan oleh waktu. Justeru waktu digunakan oleh orang-orang beriman sebagai alat menuju jalan yang di arahkan Allah dengan memikul tugas pokok yang ada hingga waktu menutupnya ketika ajal memanggil.

◙ Membangun mental dengan 6 prinsip dan 5 aksi
1. Star Principle, Orientasi hanya kepada Allah Yang Maha Esa
2. Angel Principle, Integritas malaikat tanpa pamrih.
3. Leadership Principle, Meneladani kepemimpinan dan keteladanan Rasulullah Muhammad SAW
4. Learning Principle, Manusia pembelajar berpedoman pada kitab sucinya.
5. Vision Principle, visi jauh ke depan (dunia dan akhirat)
6. Well Organized Principle, siap dan ikhlas menghadapi segala peran, kondisi, tantangan dan resiko.

1. Mission statement, Memiliki misi dan tujuan yang jelas (Syahadat)
2. Character Building,membentuk karakter pribadi (menegakkan sholat).
3. Self Controlling,Mengontrol diri dari nafsu (shaum/berpuasa).
4. Strategic Collaboration, membangun kerjasama (Zakat)
5. Total Action, tindakan optimal dan kerja keras (Ibadah Haji)

Soal Geografi dan Sejarah yang pernah Muncul

Dalam halaman ini anda akan disuguhi soal-soal Ujian yang pernah hadir dalam UKK maupun UTS..silahkan baca dan latihkan..semoga bisa melatih anda dalam mengisi soal..
-------------------------------------------------------------------------------------------------
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Hari, tanggal : …………………..
Mata Pelajaran : Geografi Nama : …………………
Kelas : XI IPS No. Peserta : …………………
Waktu : 90 Menit Kelas : XI IPS…………
A. Jawablah Pertanyaan ini dengan benar !

1. Salahsatu komponen biotik dalam lingkungan hidup antara lain sebagai berikut.....…
a. Iklim b. Tanah c. Microorganisme d. Air e. Mineral
2. Menurut sensus penduduk tahun 2000, penduduk Indonesia yang tinggi di desa lebih banyak
daripada yang tinggal dikota. Hal ini menggambarkan bahwa struktur perekonomian penduduk indonesia adalah….
a. Tingkat kesejahteraan penduduk masih rendah d. Penguasaan IPTEK rendah
b. Masih bersifat agraris e. Angka beban ketergantungan tinggi
c. Daya beli penduduk rendah
3. Arus globalisasidalam kehidupan masyarakat dunia disebabkan oleh kemajuan..
a. Ilmu pengetahuan dan teknologi b. peralatan industri c. teknologi informasi dan komunikasi d. system ekonomi global e. system politik Amerika
4. Dampak modernisasi yang berkaitan dengan sikap komsumtif mengutamakan dan mengagungkan kemewahan duniawi adalah….
a. kapitalisme b. sekulerisme c. materialisme d. hedonisme
e. konsumerisme
5. Manakah di bawah ini yang merupakan hewan khas Indonesia bagian Barat…
a. Anoa b.Gajah c.Kasuari d.Kangguru e. Cendrawasih
6. Suaka margasatwa yang dibangun di wilayah Jawa Timur adalah….
a. Pulau Dua b. Gunung Leuser c.Arjuno Lalijiwo d. Pangandaran
e. Rimbo Panti
7. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui terdapat dalam daftar di bawah ini, yaitu….
a. Minyak bumi b. Batu bara c. Perikanan d. Emas e.Gas alam
8. Berbagai hal menyebabkan kerusakan lingkungan sekitarnya yang diakibatkan oleh ulah manusia, kecuali ….
a. Polusi udara b. Pencemaran air c. Bocornya lapisan ozon d. gempa bumi
e. pemanasan global
9. Mencairnya es di kutub utara dan selatan disebabkan oleh adanya pemanasan global (global warming). Adapun dampak global warming adalah…
a. Polusi udara b. Pencemaran air c. Bocornya lapisan ozon d. gempa bumi
e. Naiknya permukaan laut
10. Rusaknya lapisan ozon merupakan dampak dari aktifitas manusia yang melakukan penggunaan zat kimia yang dikenal dengan…
a. Mercury b. Asam Sulfat c. Asam hidroksida d. gas Freon dan CFC
e. Deterjen
11. Contoh dari adanya pencemaran udara yang diakibatkan oleh Adanya kemajuan IPTEK adalah……
a. kebakaran hutan b. dibakarnya jerami pasca panen c. gas knalpot kendaraan
d. rokok dan kepulan asap cerutu e. semprotan minyak wangi
12. Dampak yang diakibatkan oleh adanya hujan asam adalah….
a. keringnya tanah b. susahnya mendapat sumber daya air c. cepat tersebarnya virus d. kanker kulit e. penyakit cikungunya merebak
13. Faktor yang menyebabkan kurang optimalnya etos kerja di Indonesia adalah…
a. alamnya terbatas b. SDM yang banyak c. kurang produktifnya manusia Indonesia d. tertinggalnya IPTEK Indonesia e. tidak adanya hubungan yang baik dengan Negara lain
14. Pembangunan manusia di dunia dalam rangka melestarikan kekayaan alamnya mengoptimalkan pembangunan bidang….
a. ekonomi b. social c. budaya d. politik e. pertahanan keamanan
15. Pembangunan berkelanjutan memiliki pengertian bahwa pembangunan…
a. tidak boleh terhenti b. harus memiliki warisan bagi anak cucu c. lancar dan harus berkesinambungan d. memiliki investasi masa depan e. tidak ada tawar menawar
16. Adapun manfaat AMDAL bagi masyarakat pemilik modal dan ilmuwan adalah….
a. menghindarkan duplikasi proyek b. mengetahui rencana pembangunan daerah
c.meningkatkan keterampilan d. kegunaan dalam IPTEK e. berguna bagi riset
17. Lapisan di permukaan bumi yang mendukung kehidupan organisme adalah…
a. Biocycle b. Biochore c. Biosfer d. Ekosistem e. Manusia
18. Tanah luas yang ditumbuhi rumput dan dikelilingi oleh semak belukar disebut...
a. Gurun b. Sabana c. Stepa d. Hutan e. cemara
19. Hutan homogen adalah.....
a. Hutan yang dilindungi b. Hutan dengan fungsi wisata c. Memiliki satu jenis tumbuhan saja d. Beraneka jenis tumbuhan e. berfungsi sebagai budidaya
20. Dibawah ini adalah jenis-jenis hutan ditinjau dari tempat tumbuhnya kecuali...
a. Hutan rekreasi b. Hutan rawa c. Hutan dataran rendah d. Hutan lereng e. hutan pegunungan
21. Jenis hutan yang sangat penting dalam mengatasi abrasi air laut adalah hutan...
a. Pinus b. Bakau c. Cemara d. Akasia e. lindung
22. Rasio ketergantungan penduduk suatu negara dapat dihitung dari komposisi penduduk menurut ...
a. tempat tinggal b. Agama c. Jenis kelamin d. Umur e. mata pencarian
23. Manakah dibawah ini yang termasuk piramida penduduk stasioner :

a. b. c. d. e.


24. Jumlah tenaga listrik yang efisien dan murah yaitu dengan......
a. PLTA b. PLTG c. PLTN d. PLTP e. PLTU
25. Untuk menghemat bahan bakar minyak, hal-hal berikut ini perlu ditingkatkan, kecuali....
a. pembangkit listrik tenaga air d. pembangkit listrik tenaga nuklir
b. pembangkit listrik tenaga diesel e. pembangkit listrik tenaga angin
c. pembangkit listrik tenaga panas bumi
26. Sumber daya alam yang yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam....
a. hidroponik b. hewani c. nabati d. agronomi e. natural
27. Belerang berguna untuk industri terutama industri....
a. tekstil b. obat-obatan c. kimia d. minuman e.makanan
28. Proses pengolahan kembali suatu massa, misalnya sampah dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk disebut......
a. daur ulang b. siklus morfologi c. siklus air d. perakitan sumber tenaga
e. pemanfaatan tenaga

29. Daerah aliran sungai merupakan daerah yang peka terhadap...
a. kerusakan dan pencemaran b. angin ribut c. banyaknya sedimentasi
d. pengapuran tanah e. terjangkitnya penyakit
30. Yang termasuk sumber alam biotik adalah...
a. tembaga b. tanah c. air d. tumbuhan e. gas
31. Perbandingan antara jarak sebenarnya dengan jarak di atas peta dikenal dengan istilah…
a. Legenda b. inset c. skala d. judul e. tematik
32. Objek yang ditulis dalam peta dengan huruf dicetak miring adalah....
a. Samudera b. Ibukota Negara c. Gunung d. Sungai
e. kota kecamatan
33. Jarak yang sebenarnya antara kota A dengan B adalah 120 Km. Di dalam peta jarak kota A ke B adalah 10 Cm. Skala yang digunakan dalam peta tersebut adalah....
a. 1:120.000 b. 1:120.0000 c. 1:12000 d. 1: 12000000
e. 1:1200
34. Dalam peta buatan Budi jarak rumah Budi ke sekolah adalah 25 Cm, Budi menggunakan Skala peta 1:300.000. Jarak sebenarnya antara rumah budi ke sekolah adalah...
a. 750 Km b. 75 Km c. 7,5 Km d. 0,75 Km e. 7500 Km

35. Simbol bujur sangkar dengan warna merah dan berbingkai dalam peta merupakan simbol dari...
a. Lapang terbang b. Ibukota Negara c. Lapangan Bola
d. Lapangan parkir e. Lokasi pabrik

B. Essay !

1. Mengapa golongan tua sukar menerima arus globalisasi ?
2. Sebutkan faktor pro Natalitas ?
3. Jelaskan hubungan pemanasan global dengan rumah atau bangunan yang terbuat dari kaca ?
4. Jelaskan pengertian dari pembangunan berwawasan berkelanjutan ?
5. Jelaskan mengenai istilah Inset dalam peta !


-------------------------------------------------------------------------------------------------
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Hari, tanggal : …………………..
Mata Pelajaran : Geografi Nama : …………………
Kelas : X (Sepuluh) No. Peserta : …………………
Waktu : 90 Menit Kelas : X…………
A. Jawablah Pertanyaan ini dengan benar !
1. Prinsip geografi yang mengamati fakta, gejala, dan masalah geografi dalam penyebarannya, interelasinya dan interaksinya dalam ruang disebut…
a. penyebaran b. deskripsi c.interaksi d. korologi e. interelasi
2. Dalam menerapkan prinsip deskripsi, penjelasan pola geografi dapat dilakukan menggunakan cara berikut, kecuali…
a. narasi b. table dan diagram c. Komputer, mesin tik d. peta dan foto udara
e. gambar
3. Di bawah ini gejala geografi yang bersifat sosial….
a. banjir dan gempa bumi b. kemiskinan,pengangguran, dan kemiskinan
c. gempabumidan kerawanan pangan d. pergantian siang dan malam e. gunung berapi,pasang surut laut
4. Secara geografis Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera. Samudera yang mengapit wilayah Indonesia dan merupakan titik pusat gempa di Aceh sehingga menimbulkan tsunami adalah....
a. Samudera Atlantik b. Pasifik c. Indonesia d. artik e. Antartik
5. Pak Hasan berangkat dari Jakarta dengan menggunakan pesawat pada pukul 19.00 WIB. Ia berangkat menuju Abepura-Papua. Apabila lama perjalanan 4 jam, pukul berapakah pak Hasan tiba di Abepura ?
a. 22.00 WIT b. 23.00 WIT c. 24.00 WIT d. 01.00 WIT e. 02.00 WIT
6. Pulau terbesar dalam gugusan kepulauan di Indonesia adalah….
a. Kalimantan b. Sumatera c. Irian d. Papua e. Sulawesi
7. Indonesia adalah wilayah di Asia yang luas namun bukan wilayah yang terluas di Asia. Wilayah yang paling luas di Asia adalah…
a. Cina b. Filipina c. Jepang d. Malaysia e. Singapura
8. Berikut ini ciri-ciri negara yang beriklim tropis, kecuali...
a. Curah hujan tinggi b. kelembaban rendah c. matahari bersinar sepanjang tahun
d. selalu berawan e. banyak tumbuh hutan hujan
9. Hipotesis pembentukan alam semesta yang diterima oleh masyarakat luas saat ini adalah teori bigbang. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta …
a. sudah ada sejak dulu b. dalam keadaan statis tidak bertambah luas
c. terbentuk dari ledakan titik singularitas d. suatu kumpulan materi e. suatu ruangan berbentuk bola
10. Salah satu teori pembentukan tata surya dikemukakan oleh Immanuel Kant dan Piere Simon Lapplace yang dikenal dengan teori….
a. Pasang surut b. Binary stars c.Planetesimal d. Nebula e. protoplanet
11. Dari pernyataan di bawah ini, manakah yang tidak termasuk karakteristik bumi sebagai anggota tata surya…
a. bumi adalah sebuah planet b. bumi tidak memiliki cahaya sendiri c. bumi beredar mengelilingi matahari d. bumi merupakan pusat tata surya e. bumi berputar pada porosnya
12. Pengertian Litos dalam kata litosfer mengandung pengertian….
a. batuan b. tumbuhan c. udara d. air e. tanah
13. Dalam lapisan teratas litosfer terdapat lapisan yang disebut dengan lapisan….
a. Lithosfer b. Sial c. Barisfer d. Astenosfer e. Sima
14. Tenaga pembentukan kulit bumi yang berasal dari dalam dikenal dengan..
a. Tektonisme b. Vulkanisme c. Endogen d. Eksogen e.pelapukan
15. Aktifitas dari magma dan gunung berapi merupakan bagian dari tenaga endogen yang dikenal dengan istilah…
a. Tektonisme b. Vulkanisme c. Endogen d. Eksogen e.Pelapukan
16. Beberapa lempeng yang mempengaruhi keadaan geologi Indonesia adalah…
a. Eurasia-Afrika b. Indoaustralia-Iran c.Pasifik-antartika d. Eurasia-Indoaustralia e. Indoaustralia- Afrika
17. Gempa dan Tsunami yang terjadi di Aceh dan daerah Sumatera adalah benturan yang terjadi antara dua lempeng besar yaitu….
a. Eurasia-Afrika b. Indoaustralia-Iran c.Pasifik-antartika d.Eurasia- Indoaustralia e. Indoaustralia- Afrika
18. Manakah batuan di bawah ini yang termasuk batuan beku luar…
a. Granit b. Marmer c. Obsidian d.Gabro e. Breksi
19. Pulau yang dikategorikan bebas gempa adalah…
a. Papua b. Sulawesi c. Lombok d. Ternate dan Tidore e. Kalimantan
20. Mengingat iklim Indonesia adalah tropika ekuatorial dengan curah hujan yang tinggi, maka jenis pelapukan batuan yang terjadi adalah…
a. mekanik b. biologis c. kimiawi d. klastik e. teristis
21. Manakah dari batuan di bawah ini yang termasuk batuan metamorf?
a.Granit b. Marmer c. Obsidian d. Gabro e. Breksi
22. Berdasarkan tenaga pengangkutannya, sediment dapat dibedakan menjadi…
a. Fluvial, marin, dan glacial b. Aquatis,aeolis, dan glacial c. Klastik, kimiawi, dan organic d. Marin, glacial, dan kimiawi e. Aquatis, limnis dan mekanis
23. Lapisan atmosfer yang paling bawah dalam susunan vertical dan paling dekat dengan permukaan bumi adalah lapisan…
a. Troposfer b. Stratosfer c. Mesosfer d. Ionosfer e. eksosfer
24. Terjadinya fenomena penyaringan sinar ultra-violet dalam lapisan atmosfer bumi terjadi pada lapisan....
a. Troposfer b. Stratosfer c. Mesosfer d. Ionosfer e. eksosfer
25. Hujan, halilintar, angin serta gejala cuaca lainnya merupakan fenomena yang terjadi pada lapisan....
a. Troposfer b. Stratosfer c. Mesosfer d. Ionosfer e. eksosfer
26. Awan yang menyebabkan terjadinya curah hujan dikenal dengan sebutan awan
a. Cumulus b. Stratus c. Nimbo-cumulus d. Cumulo-stratus e. Cirrus
27. Berikut ini adalah senyawa berbahaya dari lampu neon yang menyebabkan menipisnya ozon yang melapisi planet bumi, yaitu….
a. Freon b. CFC c. CO d. detergent e. asap industri
28. Lapisan atmosfir yang berfungsi sebagai perisai bumi dari hantaman benda luar angkasa yaitu...
a . Troposfer b. Stratosfer c. Mesosfer d. Ionosfer e. eksosfer
29. Sabuk Van Allen yang bisa melindungi bumi terbentuk dari adanya pengaruh...
a. gravitasi bulan b pasang surut air laut c. gravitasi matahari
d. rotasi bumi pada porosnya e. gelombang magnet kutub bumi
30. Gelombang radio yang dimanfaatkan oleh teknologi manusia sebagai sarana komunikasi menggunakan lapisan atmosfer sebagai media perambatannya. Lapisan yang menjadi media perambatan ini ialah..
a. Troposfer b. Stratosfer c. Mesosfer d. Ionosfer e. eksosfer
31. Letak Indonesia yang berda di garis Khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki ciri-ciri dari iklim......
a. Ekuatorial b. kutub c. subtropikal d. oriental e. paleartic
32. Perhatikan alat-alat ukur di bawah ini !
1. Barometer 2. Anemometer 3. Alti-meter 4. Termometer
5. Higrometer
Manakah yang merupakan alat pengukur kecepatan angin ?
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5
33. Berdasarkan data di atas pula, manakah alat yang dipergunakan untuk mengukur suhu udara?
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5
34. Wilayah pantai yang menjadi daratan pada waktu surut dan tergenang air pada waktu pasang disebut dengan wilayah..
a. Abisal b. Bathyal c. Neritik d. Epineritik e. palung laut
35. Zone laut yang sangat dalam serta susah ditembus oleh sinar matahari disebut dengan zone..
a. Abisal b. Bathyal c. Neritik d. Epineritik e. palung laut

B. Essay !

1. Sebutkan letak astronomis Indonesia !
2. Jelaskan pengertian jagat raya ?
3. Sebutkan contoh dari batuan sedimen akuatis ?
4. Ceritakan peristiwa tumbukan benda langit yang terjadi dengan permukaan bumi kira-kira 65 juta tahun yang lalu ?5. Jelaskan keadaan laut pada zone bathyal ?


UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Hari, tanggal : …………………..
Mata Pelajaran : Sejarah Nama : …………………
Kelas : X No. Peserta : …………………
Waktu : 90 Menit Kelas : X………
A. Jawablah jawaban di bawah ini dengan tepat !

1. Salah satu metode sejarah yang berfungsi mengadakan penelitian tentang keabsahan sumber disebut dengan langkah …..
a.Heuristik b.Interpretasi c. Kritik d. Historiografi
e.Hipotesa
2. Kisah tentang dewa-dewi kahyangan atau dongeng suci dari tokoh-tokoh yang disucikan dikenal dengan istilah……
a. Legenda b. Mitos c. Sage d. Puisi e. tarian rakyat
3. Cerita legenda dari wilayah Jawa Barat yang memberikan tuntunan untuk melakukan perbuatan baik dan menjauhi sifat kikir adalah …………..
a. Sangkuriang Sakti b. Danau Toba c. Situ Cangkuang d. Situ Cileunca e. Situ Bagendit
4. Manusia purba adalah ……………
a. Manusia yang ada pada jaman dahulu kala b. Manusia setengah kera
c. Manusia yang hidup jauh sebelum tulisan diketemukan d. Manusia tanpa budaya
e. Tidak ada jawaban yang benar
5. Koenigswald dalam penelitiannya pada tahun 1941 menemukan manusia tertua di Indonesia yaitu manusia purba dari jenis…….
a. Pithecanthropus b. Meganthropus c. Homo erectus d. H. soloensis
e. H. Wajakensis
6. Pola hidup berpindah pada masa berburu dan mengumpilkan makanan dikenal dengan…
a. Sedenter b.Nomaden c. Kjjoken Moddinger d. Karst e. Flake
7. Walaupun masih sederhana pada masa berburu dan mengumpulkan makanan telah memiliki kepercayaan yang disebut….
a. Animisme b. Dinamisme c. Penguburan saja d. Polytheisme
e. Atheisme
8. Jenis manusia purba yang mengembangkan budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan adalah jenis
a. Pithecanthropus b. Meganthropus c. Homo erectus d. H. soloensis
e. H. Wajakensis
9. Berikut ini adalah alat yang digunakan untuk pekerjaan sehari-hari di ladang, kecuali…….
a. Nekara b. Sarkofagus c. Beliung persegi d. Punden berundak
e. Waruga
10. Kata undagi dalam perundagian adalah….
a.logam b. tempat pembuatan alat logam c. pembuat logam
d. alat penempa logam e. perkakas dari perunggu
11. Berikut ini adalah peninggalam Budaya di wilayah Asia dan Afrika, Kecuali...
a. Yunani b. Mesopotamia c. Huangho d. Mohenjo Daro-Harrapa
e. Mesir kuno

12. Kehadiran Kerajaan Mesir kuno tidak luput dari kebesaran seorang raja yang menyatukan mesir hulu dan hilir. Raja pertama mesir kuno tersebut adalah....
a. Tuthmosis b. TutankAmon c. Menes d. Tiglatpileser e. Ramses
13. Kepercayaan Mesir kuno bersifat Polytheisme, dewa tertinggi dalam kepercayaan mereka adalah....
a. Anubis b. Osiris c. Pagan d. Amon-Ra e. Sethtti
14. Peninggalan kebudayaan Mesir kuno yang berwujud patung berbadan singa dan berbadan manusia disebut dengan…
a. Cheops b. Piramida c. Gizeh d. Hieroglyph e. Spinx
15. Masa kejayaan Mesir kuno ternyata harus mengalami kehancuran ketika datang kerajaan penakluk dari wilayah Eropa yang menguasai Mesir. Bangsa ini dikenal dengan Bangsa Macedonia yang dipimpin oleh…
a. Cyrus b. Alexander the great c. Jengis Khan d. Julius Caesar
e. Maximus Aurelius
16. Dua sungai yang mengapit wilayah Mesopotamia adalah….
a. Eufrat-Indus b. Indus-Gangga c. Eufrat-Tigris d. Tigris-Missisipi
e. Tigris-Indus
17 Pemerintahan kerajaaan yang pertamakali muncul diwilayah Mesopotamia adalah...
a. Sumeria b Assyiria c. Persia d. Babilonia e. Akkadia
18. Adanya kisah kenabian Ibrahim AS dalam alquran terjadi pada masa pemerintahan kerajaan Mesopotamia masa kerajaan…
. a. Sumeria b Assyiria c. Persia d. Babilonia e. Akkadia
19. Kebudayaan Bangsa Sumeria ternyata tidak kalah dengan budaya Mesir Kuno karena memiliki kemampuan yang sama dalam bidang…
a. Huruf b. Arsitektur c. Astronomi d. Ilmu Ukur e. Matematika
20. Peninggalan Raja Hammurabi yang berasal pada masa Babilonia Lama dan terkenal hingga saat ini adalah...
a. Piramida b. Kalender c. Cheops d. Codex e. Ilmu Bintang
21. Bangsa terakhir yang muncul di Mesopotamia sebelum ditaklukkan oleh bangsa Romawi adalah kerajaan...
a. Sumeria b Assyiria c. Persia d. Babilonia e. Akkadia
22. Pada Masa pemerintahan Darius Agung, bangsa Persia harus mengalami perang yang pahit ketika melawan bangsa Eropa yang terkenal dalam kemajuan Ilmu pengetahuannya yaitu bangsa..
a. Yunani b. Romawi c. Prusia d. Saxon e. Kelt
23. Sungai Kuning (Huangho) menjadi tempat yang banyak dihuni masyarakat cina dikarenakan oleh.....
a. Huangho sumber air yang baik d. Sungai tersebut tempat perikanan
b. Lembah yang subur e. Banyak ditemukan manusia Prasejarah
c. Banyak kandungan emas yang bias didulang
24. Peninggalan kebudayaan Cina yang banyak ditiru oleh bangsa-bangsa di Asia adalah...
a. Sistem astronomi b. Tulisan c. Imlek d. Teknis Persawahan
e. Pembuatan pedang dan alat perang
25. Dinasi pertama yang muncul dalam sistem perpolitikan Cina Kuno terkenal dengan nama..
a. Dinasti Tang b. Dinasti Chou c. Dinasti Han d. Dinasti Ming
e. Dinasti Shang

26. Peninggalan kebudayaan Cina Kuno yang merupakan salahsatu dari tujuh keajaiban dunia adalah...
a. Patung teracotta b. Makam Shih Huang Ti c. The Great Wall d. Kuil Feng Pa
e. The Forbidden City
27. Filsuf Cina Kuno yang mengajarkan Taoisme adalah…
a. KunFu-Tze b. Lao-Tse c. Meng-Tze d. Fahien e. I-Tsing
28. Aktualisasi cerita legenda terbentuknya bangsa Yunani yang ada dalam Film "Troy" menunjukkan kebesaran dari seorang raja pemersatu Yunani dan berhasil menguasai kerajaan Troya. Raja ini adalah……
a. Achilles b. Paris c. Agamemnon d. Hector e. King Priam
29. Kebudayaan Yunani yang tinggi melahirkan kemajuan dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Salahsatu filsuf Yunani yang dalilnya masih dipakai dalam dunia matematika terutama dalam hukum segitiga adalah....
a. Socrates b. Archimides c. Aristoteles d. Plato e. Phytagoras
30. Kerajaan yang terbentuk di Yunani bersifat Negara kota (polis) yang memiliki karakter berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Adapun polis yang memiliki karakter militeristik yang kental adalah polis...
a. Sparta b. Athena c. Mycenea d. Acropolis e. Knossos
31. Bangsa Yunani memiliki kepercayaan yang bersifat Polytheisme. Mereka percaya di gunung Olympus bersemayam para dewa, termasuk diantara percaya kepada dewa perang yang bernama..
a. Aprodite b. Poseidon c. Zeus d. Hera e. Ares
32. Herodotus dalam bukunya yang berjudul History of Persian war menggambarkan kemenangan Yunani menghadapi serbuan bangsa Persia yang serangannya dipimpin oleh raja Persia yang bernama…
a. Cyrus b. Cumulus c. Darius d. Nimbus e. Agamemnon
33. Pertempuran Sparta melawan Athena diabadikan oleh seorang Sejarawan yang menuliskan kisahnya dalam Buku "The Peloponessos War". Sejarawan ini bernama...
a. Thucydides b. Homerus c. Herodotus d. Lepidus e. Xerxes
34. Pelaksanaan pemujaan Dewa Zeus di Gunung Olympus melahirkan kompetisi olahraga pada masa Yunani Kuno. Kemudian saat ini kompetisi tersebut dilanjutkan dalam system yang modern dengan nama….
a. Sea Games b. Olympiade c. Asian Games d. World Cup e. PON
35. Raja besar dalam pemerintahan Yunani pada abad ke-3 Masehi adalah…
a. Xerxes b. Pericles c. Artemis d. Heraclius e. Darius

Essay !

1. Sebutkan Langkah Metode Sejarah ?
2. Jelaskan Pengertian dari Manusia Prasejarah
3. Apa perbedaan Masa Berburu dan mengumpulkan makanan tingkat I dengan Tingkat II ?
4. Jelaskan tentang pengertian Mesopotamia ?
5. Apa yang menyebabkan Bangsa Yunani menjadi bangsa yang maju dalam Ilmu pengetahuan dan teknologi ? Jelaskan !
-------------------------------------------------------------------------------------------------


ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Hari, tanggal : …………………..
Mata Pelajaran : Sejarah Nama : …………………
Kelas : XI IPA No. Peserta : …………………
Waktu : 90 Menit Kelas : XI IPA
A. Jawablah Pertanyaan ini dengan benar !

1. Penyebab langsung dari adanya Perang Dunia I adalah…..
a. Pembunuhan Franz Ferdinand dari Austria-Hungaria b.Munculnya jiwa nasionalisme
c. Ingin lepasnya Negara-negara jajahan d. Tumbuhnya kekuatan baru di Eropa
e. Adanya dua blok yang bertarung di dunia

2. Negara berikut merupakan sekutu Amerika Serikat dalam Perang Dunia I, yaitu…
a. Inggris b. Turki c. Belanda d. Cina e. a dan b benar

3. Gabungan Negara-negara yang bersatu dalam kelompok Jerman pada Perang Dunia I disebut dengan…..
a. Triple Aliante b. Triple Entente c. Poros/as d. Sekutu e. Blok Barat

4. Perang Dunia I berlangsung selama 5 tahun dan berakhir pada tahun….
a. 1915 b. 1916 c.1917 d.1918 e.1919

5. Kondisi Jerman setelah perang Dunia I berada dalam kondisi menyedihkan akibat dari kekalahannya, parahnya kondisi Jerman salahsatunya diakibatkan oleh…
a. Hancurnya fasilitas Jerman b. Berlin menjadi Kota mati
c. Lumpuhnya ekonomi Jerman d. Ganti rugi perang yang sangat besar
e. Wafatnya Kanselir jerman

6. Seorang Prajurit Jerman yang selamat dalam Perang Dunia I kemudian berusaha mengadakan perbaikan politik di Jerman adalah….
a. Oto Von Bismarck b. Leopold Von Wiese c. Johan Otto
d. Adolf Hitler e. Adolf Bastian

7. Dalam menggerakan fasisme-nya di dunia, Jerman mencari sekutu di Asia yaitu Negara yang bernama…
a. Korea b. Taiwan c. Cina d. Muangthai e.Jepang

8. Bangsa Jepang merupakan bangsa di wilayah Asia yang memiliki kebudayaan Shinto, mengaku dirinya sebagai keturunan dari .........
a. Dewa Langit b. Amaterasu Omikami c. Dewa Feng Pa d. Osiris
e. Shang Ti

9. Faktor Ekstern yang menyebabkan kebangkitan nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia adalah….
a. Kemenangan Jepang atas Rusia b. Kemegahan bangsa Asia zaman dahulu
c. Adanya kaum terpelajar d. Gerakan nasionalisme Turki e. Benar semua

10. Organisasi Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang berdiri pada tanggal ..........
a. 28 Oktober 1908 b. 17 Juni 1919 c. 24 April 1897 d. 20 Mei 1908
e. 22 Juni 1924

11. Tokoh terkemuka yang mendirikan organisasi Muhammadiyyah di Yogyakarta adalah....
a. KH Samanhudi b. KH Ahmad Dahlan c. KH Cokroaminoto
d. Semaun e. R. Wahidin Sudirohusodo



12. Pemimpin Sarekat Islam Merah yang kemudian mendirikan PKI adalah…
a. KH Samanhudi b. KH Ahmad Dahlan c. KH Cokroaminoto d. Semaun
e. R. Wahidin Sudirohusodo

13. Salah satu penyebab terbelahnya SI menjadi SI Merah dan SI putih adalah sebagai dampak darimasuknya pengaruh dari….
a. Liberalisme b. Komunisme c. Nasionalisme d. demokrasi
e. Pan Islamisme

14. Tokoh berkebangsaan Belanda yang memberikan virus atheisme dalam tubuh SI adalah…
a. Van Leur b. Snouck Hugronje c. Ven den Plas d. Sneevliet
e. De Kock
15. Terbentuknya Partai Komunis Indonesia terjadi pada tahun…
a. 1920 b.1921 c.1922 d.1923 e.1924

16. Tokoh pendiri Partai Nasionalis Indonesia (PNI) adalah seorang lulusan THS Bandung yang bernama…
a. Soekarno b. Hatta c. Radjiman Wediodiningrat d. H. Agus Salim e. Gatot Mangkupradja

17. Pada abad keenam sebelum masehi wilayah Kepulauan Jepang dihuni oleh suku Bangsa Asli Jepang yaitu bangsa.....
a. Arya b. Dravida c. Ainu d. Korea e. Manchu

18. Berikut ini adalah kaisar yang pertamakali menjadi pemimpin di Kekaisaran Jepang yakni..
a. Tenno Heika b. Tenno Meiji c. Tenno Koiso d. Jimnu Tenno
e. Tenno Kojiki

19. Para penguasa militer kuno Jepang yang membantu Kaisar melaksanakan keamanan dan ketertiban Negara dikenal dengan istilah……
a. Daimyo b. Shogun c. Samurai d. Ninja e. Katana

20 Pada masa Pemerintahan kuno Jepang muncul pemerintahan baru yang dikenal dengan pemerintahan Bakufu/tenda, hal ini terjadi karena....
a. Pemberontakan para petani b. Kekuasaan beralih dari kaisar kepada shogun
c. Pembaharuan oleh Kaisar d. Sistem pemerintahan menggunakan UU e. kaisar wafat

21. Pemerintahan Bakufu di Jepang menerapkan politik isolasi menyeluruh bagi seluruh masyarakat dalam segala bidang. Politik ini mengandung pengertian.....
a. Pembaharuan di Jepang b. Menerapkan aturan yang keras dan kejam
c. Menjiplak budaya barat d. Mengadopsi UU yang dimiliki Inggris
e. Menutup diri dari semua pengaruh luar yang merusak

22. Berikut ini adalah penyebab pemerintahan Jepang menghentikan politik isolasi yaitu...
a. Desakan para pemuda yang ingin belajar b. Kekecewaan Kaisar terhadap politik isolasi c. Paksaan Rusia yang menguasai Korea d. Balas budi Jepang kepada AS
e. Kekalahan Jepang di Selat Chusima

23. Pada abad ke-19 Jepang merubah penampilan menuju modernisasi yang kemudian gerakan pembaharuan ini dikenal dengan istilah....
a. Hakko I Chiu b. Meiji Restorasi c. Kaizen d. Bushido e. harakiri

24. Awal Pembaharuan Jepang mendapatkan tantangan keras dari golongan samurai karena...
a. Menghancurkan alam sekitar b. Membuat bangkrut kerajaan c. Hilangnya wibawa kaisar sebagai putra dewa d. Lunturnya budaya asli Jepang e. Golongan samurai dipecat dari jabatan politisnya

25. Film yag didasarkan Kisah nyata dalam "The Last Samurai" generasi terakhir penerus kebudayaan kaum samurai adalah.......
a. Algrin b. Hara c. Michiko d. Katsumoto e. Nagano Eiuryo

26. Semangat bangsa Jepang yang mampu mengambil dampak positif serta membuang dampak negatif dari budaya luar yang dijiplaknya disebut semangat....
a. Kaizen b. Bushido c. Kamikaze d. Harakiri e. Haragoco

27. Pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Kaisar Matsuhito pada Abad ke-19 diarahkan untuk membangun angkatan militer Jepang dengan alasan....
a. Menguasai Asia tenggara b. Dendam terhadap bangsa Barat c. Penindasan Rusia d. Melampiaskan kehebatan kempetai e. Mengharumkan nama Nippon

28. Berikut ini adalah kekuatan bangsa Eropa yang harus dihantam Jepang di Wilayah asia bagian tenggara, Kecuali......
a. Inggris b. Prancis c. Belanda d. Amerika e. Rusia

29. Serangan tiba-tiba Jepang terhadap kekuatan marinir AS di Parl Harbour dilaksanakan pada tanggal .........
a. 7 Desember 1941 b. 8 Desember 1941 c. 9 Desember 1941
d. 10 desember 1941 e. 11 desember 1941

30. Dalam waktu singkat Jepang berhasil menguasai wilayah Indonesia yang luas terbentang dari tangan Belanda. Hal tersebut ditandai penyerahan Belanda kepada Jepang pada tanggal….
a. 6 Maret 1942 b. 7 Maret 1942 c. 8 Maret 1942 d. 9 Maret 1942
e. 10 Maret 1942

31. Pemerintahan Balatentara Jepang melaksanakan pembagian wilayah Indonesia menjadi tiga bagian dengan maksud...
a. Memudahkan pembangunan b. Meminimalisir pemberontakan c. Memecah belah bangsa Indonesia d. Menguatkan pertahanan Jepang e. salah semua

32. Tentara armada ke XVIII Jepang yang bermarkas di Jakarta pada awal pendudukan Jepang di Indonesia dipimpin oleh...
a. Hirohito b. Imamura c. Harada d. Nagano e. Shonji

33. Pemberontakan KH Zaenal Mustofa di Singaparna disebabkan oleh adanya…
a. Adanya pekerja paksa Romusha b. Munculnya Jugun Ianfu c. Harus olahraga pagi Taisho d. Upacara Seikerei e. Pemaksaan agama shinto kepada santrinya

34. Pemimpin Pusat Tenaga Rakyat yang dipilih Jepang terdiri dari empat serangkai yang salah satunya adalah ......
a. Cokroaminoto b. Wahid Hasyim c. Kiai Mas Mansur d. Cokropranolo
e. Hasyim Asyari

35. Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia ialah….
a. Soekarno b. Hatta c. KH Agus Salim d. Radjiman Wediodiningrat
e. Sutan Sjahrir

B. Essay !

1. Sebutkan Pencipta lagu Indonesia Raya dalam Kongres pemuda II pada tahun 1928 ?
2. Apa yang dimaksud dengan paham Marhaenisme yang diajarkan Soekarno ?
3. Sebutkan tujuan Jepang mengadakan penguasaan ke wilayah Asia Pasifik ? Jelaskan !
4. Jelaskan pengertian gerakan 3A ?
5. Ceritakan penyebab kekalahan Jepang dalam perang Dunia II ?

-------------------------------------------------------------------------------------------------
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Hari, tanggal : …………………..
Mata Pelajaran : Sejarah Nama : …………………
Kelas : XI IPS No. Peserta : …………………
Waktu : 90 Menit Kelas : XI IPS………
A. Pilihlah jawaban yang kamu anggap tepat !

1. Anggota walisongo yang menyebarkan Islam di wilayah Jawa Barat adalah….
a. Sunan Gunung Jati b. Sunan Kalijaga c. Sunan Giri d. Sunan Ampel
e. Sunan Drajat
2. Pangeran Demak yang berusaha menyerang Portugis diMalaka sehingga dijuluki pangeran sabrang lor adalah …..
a. Raden Patah b. Adipati Unus c. Trenggono d. Sekar sedo
e. Hario penangsang
3. Kitab suci agama Hindu yang diciptakan bangsa Arya adalah….
a. Tripittaka b. Weda c. Trimurti d. Injil e. Taurat
4. Berikut ini adalah termasukKhulafaur Rasyidin kecuali….
a. Abu Bakar b. Khalid ibn Walid c.Umar Ibn Khatab d. Utsman e.Ali
5. Pengertian demokrasi adalah….
a. pemerintahan raja b.kedaulatan Tuhan c. Pemerintahan rakyat
e. pembagian kekuasaan e. pemerintahan absolute
6. Buku Karangan Marx yang mengetengahkan kehidupan baru yang memberikan angin segar bagi para buruh yang teraniaya majikan adalah….
a. Das Kapital b. Historie Materialism c. Vox populi d. Psikoanalism
e. Atheisme
7. Keinginan untuk menyatukan seluruh kaum muslimin di dunia ini dikenal dengan faham……
a. Nasionalisme b. Zionisme c. Liberalisme d. Pan-Islamisme
e. komunisme
8. Faktor ekstern yang menyebabkan keberanian melawan penjajahan di wilayah Asia adalah….
a. adanya kaum terpelajar b. penindasan c. pemerkosaan HAM
d. Kemenangan Jepang atas Rusia e. Adanya bantuan luar negeri
9. Gagasan munculnya Budi Utomo adalah dari tokoh yang bernama..
a. Gatot mangkupradja b. Wahidin Sudirohusodo c. Soetomo d. Soekarno
e. Wilopo
10. Pemimpin Sarekat Islam (SI) adalah…
a. KH Samanhudi b. KH Hayim Asyari c. KH Ahmad Dahlan
d. KH Tjokroaminoto e. KH Mas Mansur
11. Negara komunis yang terbesar di dunia ialah…
a. Italia b. USA c. Jerman d. Rusia e. Inggris

12. Internasionale Social Democratische Vereenigde (ISDV) dipimpin oleh seseorang berkebangsaan belanda yang bernama….
a. De Kock b. Van Den Bosch c. JP Coen d. Pieter Both e. HJ Sneevliet
13. Berikut ini adalah ketua dalam Organisasi kebangsaan Budi Utomo yaitu..
a. KH Samanhudi b. KH Ahmad Dahlan c. KH Cokroaminoto d. Semaun
e. Soetomo
14. Kelompok yang muncul sebagai reaksi dari peristiwa Padang Karbala yaitu kelompok pecinta Ali Bn Abi Thalib yang dikenal dengan nama …..
a. Wahabi b. Syiah c. Sunni d. Pan Islamisme e. Khilafah
15. Pelaksanaan Politik Balas Budi yang dilaksanakan oleh Pemerintahan kolonial Belanda yang menyebabkan adanya perbaikan dalam bidan pendidikan adalah....
a. Edukasi b Irigasi c. Transmigrasi d. Politisasi e. Birokrasi
16. Berikut ini adalah sekolah pada level dasar pada masa kolonial Belanda yaitu.....
a. MULO b. HIS c. AMS d. THS e. STOVIA
17. Dampak positif dari kemajuan perkembangan pendidikan di Indonesia adalah sebagai berikut kecuali….
a. Munculnya golongan terpelajar b. Melahirkan gerakan kebangsaan
c. Turunnya angka buta huruf d. Bangsa Indonesia fasih bahasa Belanda
e. Mewujudkan organisasi yang bersifat nasional
18. Restorasi Meiji adalah....................
a. Kegiatan perbaikan Militer Jepang b. Pembaharuan bidang ekonomi
c. Peningkatan bidang pendidikan d. Rencana penguasaan wilayah Asia Tenggara
e. Modernisasi di segala bidang kehidupan
19. Kondisi perindustrian Jepang yang berkembang pesat menyebabkan Jepang melaksanakan politik Imperialisme dengan doktrin yang disebut .............
a. Lebensraum b. Italia La Prima c. Hakko I Chiu d. Kimigayo
e. Bakufu
20. Keinginan Jepang untuk menguasai Asia Tenggara mendapat tantangan dari bangsa Eropa, seperti misalnya di wilayah Indochina Jepang harus mengusir kekuasaan bangsa...
a. Inggris b. Prancis c. Amerika Serikat d. Belanda e. Spanyol
21. Dalam waktu singkat Jepang berhasil mengalahkan Belanda di Indonesia sehingga Belanda menyerah pada bulan Maret 1942. Penyerahan tanpa syarat Belanda kepada Jepang dilaksanakan di...
a. Linggajati b. Batavia c. Bandung d. Surabaya e. Kalijati-Subang
22. Pembagian wilayah Indonesia menjadi tiga bagian adalah langkah pertama dibidang politik di wilayah Indonesia. Pusat pemerintahan wilayah I dilaksanakan di wilayah…
a. Bandung b. Jakarta c. Bukittinggi d. Ujungpandang e. Papua
23. Kekejaman Jepang terhadap Bangsa Indonesia terlihat dari adanya pemerasan tenaga kerja paksa yang dikenal dengan sebutan.........
a. Romusha b. Jugun Ianfu c. Kenpetai d. Rodi e. PETA
24. Pemujaan terhadap Dewa Matahari yang diwajibkab pemerintah Jepang dikenal dengan istilah....
a. Harakiri b. Bushido c. Kaizen d. Seikerei e. Romusha
25. Dampak positif penjajahan Jepang terhadap Indonesia dalam bidang budaya adalah...
a. Budaya Jepang Modern tersebar d. Tersebarnya ajaran Shinto
b. Dikenalnya bahasa Jepang e. Dikenalnya kanji oleh bangsa Indonesia
c. tersebar luasnya bahasa Indonesia
26. Pada pertengahan Perang Pasifik Jepang mulai mengalami kekalahan demi kekalahan yang kemudian diantisipasi Jepang dengan membangun tentara bantuan dari pemuda Indonesia yang dikenal dengan...
a. Keibodan b. Seinendan c. PETA d. Kempetai e. Samurai
27. Salahsatu pemberontakan yang terjadi di Singaparna Tasikmalaya dipimpin oleh....
a. Tengku Adul Djalil b. KH Zaenal Mustofa c. Supriyadi d. Amar Sutisna
e. tidak ada yang benar
28. Pemberontakan PETA di Blitar pada bulan Februari tahun 1945 dipimpin oleh...
a. Tengku Adul Djalil b. KH Zaenal Mustofa c. Supriyadi d. Amar Sutisna
e. tidak ada yang benar
29. Salah satu pemberontakan PETA yang terjadi di wilayah Bandung Selatan terjadi di daerah...
a. Banjaran b. Pangalengan c. Dayeuhkolot d. Ciwidey e. Majalaya
30. Pemberontakan PETA yang terjadi di wilayah Bandung Selatan di bulan Mei tahun 1945 dipimpin oleh...
a. Tengku Adul Djalil b. KH Zaenal Mustofa c. Supriyadi d. Amar Sutisna
e. tidak ada yang benar
31. Pada tahun 1944 kondisi Jepang semakin parah dan diambang kehancuran. Hal ini membuat PM Koiso berjanji memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dengan bukti mendirikan lembaga persipana kemerdekaan yang disebut dengan...
a. PPKI b. PKI c. BPPKI d. BPUPKI e. Volksraad
32. Dokoritsu Junbi Coosakai yang didirkan pemerintah Jepang diserahkan kepada bangsa Indonesia sebagai ketuanya. Adapun ketua lembaga ini adalah....
a. Soekarno b. Hatta c. Sjahrir d. Wahid Hasyim e. Radjiman W.
33. Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari kelahiran Pancasila karena pada tanggal tersebut lahir istilah "Pancasila" yang diajukan sebagai dasar negara oleh...
a. Muh. Yamin b. Soepomo c. Radjiman d. Soekarno e. Hatta
34. Dijatuhkannya bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki menyebabkan Hirohito mengumumkan penyerahan tanpa syarat kepada sekutu tahun 1945 tepatnya pada tanggal....
a. 6 Agustus b. 9 Agustus c. 11 Agustus d. 14 Agustus
e. 17 Agustus
35. Kekalahan Jepang dimanfaatkan oleh para pemuda untuk mendesak Soekarno-Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia sehingga menimbulkan pristiwa…
a. Rengasdengklok b. Semanggi c. Tanjungpriok
d. Palagan Ambarawa e. Pertempuran Surabaya


B. Essay !

1. Mengapa dalam kongres pemuda II lagu Indonesia raya hanya dinyanyikan dengan
Biola ?
2. Tuliskan isi sumpah pemuda !
3. Apa yang ketahui tentang latar belakang pemberontakan terhadap Jepang yang terjadi di Cot Plieng Aceh ?
4. Mengapa sasaran pengeboman Sekutu kepada Hiroshima dan Nagasaki ? jelaskan latar belakangnya !
5. Gambarkan pembagian wilayah Indonesia pada masa pendudukan Jepang !

Pendahuluan Alias Bubuka Wilujeng sumping...


Anak-anak..bapak ucapkan selamat datang di arena belajar ini..mudah-mudahan kalian bisa belajar dengan lebih baik lagi dalam blog ini. Silahkan buka segala pa yang anda ingin tahu tentang pelajaran bapak di SMA dan SMK Umi Kulsum Banjaran yang kita cintai ini...Awaas ??? kamu hanya untuk belajar dan hanya belajar..jangan buka yang aneh-aneh lah..ntar kamu jadi anak aneh nanti..He3x. Jangan lupa.. setiap apa yang kamu dapatkan disini silahkan kuasai..hafalkan..dan jangan lupa !!! amalkan kepada orang lain terutama teman-teman anda yang tak berkesempatan masuk ke blog bapak ini..

Silahkan persiapkan segala sesuatunya....blog ini membawa berbagai informasi..Sejarah, Geografi, Ilmu Agama, dan segala sesuatu yang menyangkut segala pembelajaran..termasuk PR dan tugas silahkan bereskan dengan mengakses blog ini.. Selamat Belajar..silahkan berdoa dulu..semoga Allah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita..Amiin.